Basis Data

Posted in
Basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan, di organisasi sedemikian rupa, disimpan dalam suatu media penyimpanan tertentu, agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah. Dibawah ini adalah contoh dasar dari basis data yang saya ambilkan dari data mahasiswa di kelas saya. Untuk selebihnya langsung kita lihat  pada tabel di bawah.
Setelah data sudah di ketikkan pada data base, maka data tersebut dapat kita pilah-pilah sendiri sesuai dengan kebutuhan dan apa yang akan kita dapatkan. Sebagai contoh :
  • Jika kita menginginkan jumlah laki-laki yang ada pada taabel tersebut, maka kita ketikkan select count(jenis_kelamin) from `semester 1` where jenis_kelamin="l"   dan untuk hasilnya :

  • Untuk mencari jumlah perempuan, caranya sama dengan cara mencari jumlah laki-laki, perbedaannya hanya mengganti variabel l menjadi p,yaitu select count(jenis_kelamin) from `semester 1` where jenis_kelamin="p"   dan untuk hasilnya :

  • Sedangkan untuk menampilkan nama yang berumur kurang atau sama dengan 19 tahun, kita dapat menggunakan query ini select nama from `semester 1` where umur <= 19    dan untuk hasilnya : 

Mungkin cukup sekian sedikit ulasan tentang basis data dari saya. Semoga menjadi tambahan ilmu bagi anda.