Sejarah Mac OS

Posted in
Masih berlanjut dari postingan sebelumnya yaitu tentang sejarah sistem operasi. Kita lanjutkan lagi dengan sejarah sistem operasi Mac. Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System yaitu sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Apple pertama didirikan pada tanggal 1 april tahun 1976 oleh steve Jobs, Steve Wozniak, dan salah seorang Insyiur Atari yang bernama Ronald Wayne. Pada tahun 1975, dia bekerja di Hewlett-Packard dan membantu temannya Steve Jobs mendisain video game untuk Atari. Pada saat itu, Wozniak telah membeli computer time pada bermacam jenis minicomputer yang di-host oleh Call Computer, sebuah perusahaan timesharing. Produk pertama perusahaan Apple ini diberi nama Apple I diciptakan oleh Steve wozniak.
Kemudian dengan pendapatan dari penjualan Apple I, dia bisa memulai produksi komputer yang lebih canggih, Apple II; Apple II diperkenalkan kepada publik pada West Coast Computer Faire pada bulan April 1977. Perbedaan utama dengan Apple I adalah tampilan TV yang didesign total, di mana tampilan disimpan di memori. Dengan cara ini, monitornya tidak hanya bisa menampilkan teks, namun Apple II bisa menampilkan gambar, dan pada akhirnya, warna. Dengan dana dan design casing yang baru, Apple II dilepas pada tahun 1977 dan menjadi komputer yang biasanya diasosiasikan dengan munculnya pasar PC. Jutaan unit terjual sampai tahun 1980an.yang termasuk kedalam tipe Apple II adalah Apple II+, IIE, IIC, IIC+, IIE Enhanced, IIE Platinum, dan terakhir 16-bit IIGS, diperkenalkan di tahun 1986.
Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf "X" yang terdengar seperti "eks". Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran "x" (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix). dan Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Serverworkgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain. Tahapan-tahapan OS X:
Mac OS X Server 1.0 dengan kode "Rhapsody" yang dirilis pada bulan Maret 1999. Mac OS X Public Beta yang berkode "Kodiak"kemudian dirilis pada September 2000. Mac OS X 10.0 berkode "Cheetah" yang dirilis pada Maret 2001. Mac OS X 10.1 "Puma" yang dirilis Oktober 2001. Mac OS X Server 10.1 yang diberi kode "Puma" lalu dirilis pada November 2001. Mac OS X 10.2 yang memiliki kode "Jaguar" dirilis Agustus 2002. Mac OS X Server 10.2 dirilis Agustus 2002. Mac OS X 10.3 bernama "Panther" yang mulai dirilis pada Oktober 2003. Mac OS X Server 10.3 dirilis Oktober 2003. Mac OS X 10.4 yang diberi kode "Tiger" dirilis pada April 2005. Mac OS X Server 10 dirilis  April 2005. Mac OS X 10.5 dengan kode "Leopard” yang beredar pada Oktober 2007 



sumber: wikipedia dan berbagai sumber lainnya